Riri Satria: “Bisnis Digital adalah Perpaduan Sains, Teknologi, dan Seni”

Dinamika di lapangan kerap membuat penerapan strategi bisnis digital menjadi tantangan tersendiri.

JAKARTA, majalahelipsis.id—Program Magister Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia segera memulai semester baru dengan mata kuliah andalan “Bisnis Digital”. Diampu pakar transformasi teknologi digital, Riri Satria, mata kuliah ini kembali menjadi sorotan, mengingat topiknya yang sangat relevan dalam era transformasi digital saat ini.

Riri Satria, yang juga seorang praktisi bisnis, mengungkapkan tantangan dalam mengajar mata kuliah ini.

“Bisnis Digital adalah kombinasi antara teknologi informasi dan manajemen bisnis, terutama manajemen strategis. Topik ini sangat dinamis, dan sebagai pengajar, saya harus selalu memperbarui bahan ajar agar relevan dengan situasi terkini,” ujar Riri Satria saat dihubungi Majalahelipsis.id via saluran telepon, Jumat (17/1/2025).

Menurut Riri, dinamika di lapangan kerap membuat penerapan strategi bisnis digital menjadi tantangan tersendiri.

“Kita sering terperangkap dalam kebingungan karena situasi di lapangan sangat dinamis. Akhirnya, intuisi bisnis memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan,” tambahnya.

Ia menekankan bahwa sukses dalam bisnis digital tidak hanya mengandalkan teori dan analitik, tetapi juga seni dalam pengambilan keputusan.

“Business is all about science (theories, analytics, etc) + arts (intuition in decision making),” tegas Riri.

Sebagai dosen, Riri berupaya mengajak mahasiswa untuk belajar dari berbagai kasus nyata.

“Kuliah ini bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa agar dapat melakukan hal-hal yang kreatif dan inovatif dalam praktik bisnis digital saat ini dan di masa depan,” jelasnya.

Dalam mendukung proses pembelajaran, Riri tidak hanya mengandalkan buku teks utama tetapi juga bahan bacaan tambahan yang relevan untuk diskusi di kelas.

“Penting bagi mahasiswa untuk memahami apa yang telah dilakukan orang lain di bidang ini, agar mereka bisa mengembangkan ide-ide baru yang segar dan inovatif,” tambahnya.

Ditambahkan Riri, dengan pendekatan yang memadukan teori dan praktik nyata, mata kuliah Bisnis Digital ini diharapkan mampu mencetak para profesional yang siap menghadapi tantangan transformasi digital di dunia bisnis.

Penulis: Muhammad Subhan

Editor: Neneng J.K.

Komentar

4 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan